You are currently viewing Memahami Filsafat Sedari 2000 SM hingga Sekarang

Memahami Filsafat Sedari 2000 SM hingga Sekarang


Pengertian Filsafat

Filsafat merupakan sebuah studi yang membahas segala fenomena yang ada dalam kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan skeptis dengan penelusuran orisinalitas, lalu diuraikan secara teoritis dan mendasar.

Perjalanan Filsafat

Masa Yunani
2000 SM

Periode Filsafat Yunani

Ditandai dengan perubahan pola pikir mitosentris menjadi logosentris.

Masa Abad Pertengahan
abad ke-6 hingga ke-18

Periode Filsafat dan Agama

Pola pikir berubah menjadi teosentris

Masa Abad Modern
Abad ke-18 hingga sekarang

Periode Ilmu Pengetahuan

Pemikiran diupayakan bersifat praktis

Kegunaan Filsafat Bagi Mahasiswa

Orang yang mempelajari filsafat senantiasa berorientasi pada pemecahan masalah. Mahasiswa mampu berpikir tajam dan kritis yang senantiasa menemukan masalah. Dengan kehadiran filsafat, mahasiswa diarahkan untuk berpikir secara kritis dengan pendekatan tertentu dan harus berakhir pada penyelesaian masalah.

Kemampuan berfilsafat mahasiswa akan mempermudah dirinya dalam menemukan masalah yang tampak dalam sebuah proses pendidikan. Terlebih, mahasiswa akan mengakhiri masa studi dengan mengungkap sebuah masalah dan menyelesaikannya dalam bentuk skripsi untuk strata 1, tesis untuk strata 2 dan disertasi untuk strata 3.

Cabang Filsafat

Cabang dalam filsafat yang dapat diuraikan (1), adalah sebagai berikut:

  1. Epistemologi adalah suatu cabang filsafat yang bersangkut paut dengan teori pengetahuan. Istilah epistemologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata episteme yang berarti pengetahuan dan logos yang berarti kata, pikiran, pendapat, percakapan, atau ilmu. Jadi, Epistemologi adalah suatu pikiran yang membahas tentang ilmu pengetahuan. 
  2. Metafisika berasal dari bahasa Yunani yaitu metaphyshika yang berarti sesudah fisika. Kata metafisika ini juga memiliki berbagai arti. Metafisika dapat berarti upaya untuk mengkarakteristikkan eksistensi atau realita sebagai suatu keseluruhan. Namun, secara umum metafisika adalah suatu pembahasan mengenai filsafat yang komprehensif dari seluruh realitas atau dari segala sesuatu yang ada. 
  3. Logika. Secara etimologi, logika adalah suatu pertimbangan akal atau pikiran. Sebagai ilmu, logika disebut juga logike episteme atau logica scientica yang berarti ilmu logika, namun sekarang hanya disebut logika saja. 
  4. Etika. Etika sering kali disebut sebagai filsafat moral. Istilah etika berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani yaitu ethos yang berarti sifat, watak, atau kebiasaan, dan ethikos yang berarti susila, keadaban, atau kelakuan dan perbuatan yang baik.
  5. Estetika adalah cabang ilmu filsafat yang membahas tentang seni dan keindahan. Istilah estetika berasal Yunani yaitu aesthesis yang berarti pencerapan indrawi, pemahaman intelektual, atau pengamatan spiritual.

Fachri Helmanto

Dosen Universitas Djuanda | Sutradara dan Penulis Naskah Teater

This Post Has 38 Comments

  1. baccaratsite

    I’ve been troubled for several days with this topic. baccaratsite, But by chance looking at your post solved my problem! I will leave my blog, so when would you like to visit it?

  2. Erika Chunju N

    Inti dari filsafat adalah berpikir tentang awal mulanya sesuatu dan membahas mengenai ontologi (persoalan), axiologi, serta epistimologi (logika).

  3. Aufal Millah

    Inti dari filsafat adalah berpikir yang mana dari berpikirlah manusia mulai menemukan teori dan kemudian dilaksanakan sehingga mendapatkan pelajaran dari pengalaman yang sudah dialami, sehingga dari sana pula muncul Rasionalisme dan Empirisme

  4. Dorothy RHA

    ontologi: hakikat
    epistimelogi: metode atau bagaimana cara mendapatkan pengetahuan
    aksiologi: mengapa

  5. Fidatul Qoimah

    filsafat dapat diartikan sebagai gagasan yang penuh pengetahuan, hikmah dan kebijaksanaan. Sedangkan secara umum filsafat adalah ilmu yang membahas segala fenomena yang ada dalam kehidupan serta pemikiran manusia secara skeptis dan bersifat kritis, Dalam filsafat tidak ada percobaan atau eksperimen apapun, melainkan mengungkapkan masalah secara jelas, mencari pemecahannya, dan memberikan argumen terhadap solusi yang telah dikemukakan.

  6. Alfin Maulana Haryadi

    filsafat adalah suatu ilmu pengetahuan yang menggunakan logika, metode, dan sistem untuk mengkaji masalah umum dan mendasar mengenai berbagai persoalan. jadi segala sesuatu hal yang terjadi itu ada sebabnya.

  7. Elsa Rosmawati

    Filsafat adalah proses berpikir secara logis untuk mengetahui sejarah atau asal muasal suatu kejadian atau peristiwa dalam kehidupan..

  8. Suhardi

    Filsafat adalah pengetahuan dan ilmu Yang memberikan pengetahuan dari asal muasal sesuatu, dengan terjaringnya sesuatu akses untuk memberikan arti kehidupan, dengan mencari kebenaran, pola pikir juga penilaian.

  9. Melany eka putri

    Filsafat adalah kajian masalah mendasar dan umum tentang persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran, dan bahasa.

  10. Nurul Ahmad Bustomi

    Menurut saya filsafat adalah sebuah pemikiran mengenai asas asas dari hukum dan lain sebagainya.

  11. Fauzan Akmal

    Inti filsafat adalah berpikir, dan berpikir adalah sebuah tindakan manusia yang bersifat eksistensial, utuh dan menyejarah. Menurut para ahli, filsafat adalah sebuah proses berpikir rasional, baik dalam rangka mengembangkan pemikiran-pemikiran yang bersifat spekulatif (teoretis) maupun praktis teknologis (praktis).

  12. Evi eprikayani

    Ilmu pengetahuan dan penyelidikan yg memerlukan akal fikiran untuk memecahkan asas – asas hukum dan lainnya

  13. Siti safira rahmi panjali

    Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yangmerupakan konsep dasar mcngenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikansebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatusecara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segalahubungan.

  14. kartina septia ningrum

    Filsafat adalah pemikiran dengan cakupan yang kompleks dan terkadang sulit dimengerti. Tujuannya adalah untuk memperdalam pemahaman. filsafat juga memiliki beberapa cabang ilmu. Dalam perspektif Islam, filsafat merupakan upaya untuk menjelaskan cara Allah menyampaikan kebenaran atau yang haq dengan bahasa pemikiran yang rasional. Sebagaimana kata Al-Kindi (801-873M), bahwa filsafat adalah pengetahuan tentang hakikat hal-ihwal dalam batas-batas kemungkinan manusia.

    1. Gilang fergianto

      Ilmu filsafat adalah ilmu yang berdasarkan akan pemikiran manusia atau gagasan/ide²/pertanyan yang menyangkut segala sesuatu,ntah itu soal keyakinan,penciptaan,keadaann,Bagaimana dll sebagainya.sedangkan inti dr filasafat sendiri berarti berpikir akan sesuatu secara mendalam.

  15. erina firdaus

    Filsafat berasal dari Bahasa Yunani yaitu philosophie, philo adalah cinta dan sophie adalah kebijaksanaan. menurut pendapat saya filsafat adalah berfikir mendalam atau kritis secara skeptis, dan selalu menggali informasi dengan pertanyaan – pertanyaan. Filsafat adalah mencari kebenaran dengan bertanya, dan menghasilkan pertaanyaan berkualitas

  16. Siti Laura Nurul Hanipa

    filsafat adalah berpikir, dan berpikir adalah sebuah tindakan manusia yang bersifat eksistensial, utuh dan menyejarah. Meskipun demikian, usaha mendekati arti filsafat secara filsafati (filosofis), bukan sekedar mengandaikan sebuah pengertian yang langsung dan lurus. Sekurang-kurangnya, terdapat sebuah peta pemahaman yang luas dan berliku-liku di dalam upaya memahami arti filsafat itu sendiri secara filosofis.Inti filsafat adalah berpikir, sedangkan dasarnya adalah rasio. Kebenaran Estetis, ialah kebenaran yang berdasarkan penilaian indah dan buruk, serta cita rasa estetis.

  17. Arini Aisyah Wulandari

    Filsafat berasal dari kata Yunani philosophia yang berarti cinta kebijaksanaan, filsafat merupakan bidang pemikiran manusia yang paling penting karena bercita-cita untuk mencapai makna hidup paling hakiki. Filsafat juga merupakan ilmu yang mempelajari dan mempertanyakan secara sistematis mengenai hakikat pengetahuan ilmu yang berhubungan dalam masalah-masalah yang terdapat pada ilmu untuk mencapai pengetahuan yang ilmiah. sebuah ilmu yang dimana kita harus berpikir secara kritis dan dilakukan dengan pendekatan tertentu dengan akhir penyelesaian

  18. Syahria Ataya Dela

    Menurut saya filsafat yaitu suatu ilmu pengetahuan yang menggunakan logika dan harus berpikir kritis agar bisa menyelesaikan atau mengkaji suatu masalah yang ada dan bisa mendapatkan suatu pemikiran atau hal yang baru dalam ilmu filsafat.

  19. Alifa Nazma Adwia

    Menurut yang sudah saya simak dari internet, Inti filsafat adalah berpikir, sedangkan dasarnya adalah rasio.
    Kebenaran Estetis, ialah kebenaran yang berdasarkan penilaian indah dan buruk, serta cita rasa estetis. Artinya keindahan yang berdasarkan harmoni dalam pengertian luas yang menimbulkan rasa senang, tenang dan nyaman.
    Kebenaran Ilmiah, yang ditandai oleh terpenuhinya syarat-syarat ilmiah, terutama menyangkut adanya teori yang menunjang dan sesuai dengan bukti. Kebenaran teoritis adalah kebenaran yang berdasarkan rasio, atau kebenaran rasional, berdasarkan teori-teori yang menunjangnya.

    filsafat juga membuat kita untuk berfikir kritis dan berfikir secara logika

  20. Salwa zalfadira

    Filsafat merupakan ilmu yang mengemukakan jawaban atas segala pertanyaaan yang dilontarkan dari gagasan atau fikiran manusia

  21. Ade Triyana

    Ade Triyana

    Inti dari filsafat adalah berpikir atau mengemukakan pikiran nya yang meluas terhadap suatu objek bahkan dari pikiran tersebut kita akan banyak menemukan suatu gagasan yang cukup luas sehingga akan bisa mendapatkan suatu dlgagasan pemikiran yang baru yang dapat diterima oleh suatu kalangan tersebut

  22. mara irpan pane

    filsafat atau falsafah berasal dari bahasa yunani yang artinya cinta kebijaksanaan.. plato memberikan istilah dialektika yang berarti seni konsep berdiskusi. sementara menurut konsep al farabi menyelediki hakikat sebenarnya dari berbagai aspek yang ada yang bisa di jadikan sebagai dalil atau pengambil makna yang ingin di cari.

  23. Audia Rizky

    menurut saya filafat membahas tentang mengenai sudut pandang menggunakan logika yang masuk akal terhadap dunia ini dan dilandasin dengan ilmu pengetahuan dan juga dengan landasan para ahli filsafat. sedangkan untuk islam sesuai dengan Al-Qur’an dan hadist. dan masih banyak mempelajari filsafat untuk mengetahui apa ingin diketahai tentang dunia ini.

  24. Aeni Mauliawati Nurisman

    Menurut saya, filsafat itu adalah sebuah studi yang berisi pendapat-pendapat secara kristis dan logis melalui pemahaman terhadap sesuatu lalu diuraikan secara jelas yang dapat menyelesaikan sebuah masalah secara tepat.

  25. Ulya Qonita

    sebuah ilmu yang dapat membahas latar belakang dari segala aspek, dimana jika mempelajari filsafat bisa memberikan argumen secara kritis tentang yang sedang dibahasnya. filsafat juga sebuah ilmu yang mengajarkan kita untuk memikirkan segala hal dengan teori yang dipunya.

  26. Arif padriansyah

    Arif padriansyah

    inti dari filsafat ialah kita dapat berfikir secara kritis untuk menilai, memahami, ataupun berkata tentang suatu objek tertentu. Dan dapat berfikir logis yaitu hasil dari pemikiran tersebut dapat diterima oleh akal yang sesuai dengan logika.

  27. Dini aulia

    berpikir kritis , dan berpikir adalah sebuah tindakan manusia yang bersifat eksistensial, utuh dan menyejarah. Meskipun demikian, usaha mendekati arti filsafat secara filsafati (filosofis), bukan sekedar mengandaikan sebuah pengertian yang langsung dan lurus. Sekurang-kurangnya, terdapat sebuah peta pemahaman yang luas dan berliku-liku di dalam upaya memahami arti filsafat itu sendiri secara filosofis.dan filsafat juga Bisa menyelesaikan masalah

  28. rizkia syafia qalbi

    inti dari filsafat yaitu ilmu yang membahas mengenai mempertanyaan kebenaran. inti dari filsafat yaa berfikir yang tujuannya itu berfikir secara kritis, untuk menilai sesuatu dan intinya filsafat itu ilmu yang membahas segala sesuatu yang ada.

  29. Salsabila Liyani

    filsafat adalah mencari tau sebab atau asal mula dari adanya “sesuatu”. adanya sesuatu karena ada sebab atau asal mulanya sebelum sesuatu itu ada. kemudian dijabarkan secara mendalam mengenai sebabnya.

  30. Pahmi Ritonga

    Inti filsafat adalah berpikir,Filsafat dan ilmu pada dasarnya adalah dua kata yang saling terkait, karena kelahiran ilmu tidak lepas dari peranan filsafat. Filsafat telah merubah pola pemikiran bangsa dan umat manusia dari berbagai pandangan . Perubahan pola pikir tersebut membawa perubahan yang cukup besar dengan ditemukannya hukum-hukum alam dan teori-teori ilmiah yang menjelaskan bagaimana perubahan-perubahan itu terjadi.

  31. Tyar Muhamad Khadafi

    filsafat secara bahasa terdiri dari dua kata, philo dan sophia.. philo artinya cinta, sophia berarti kebijaksanaan.
    filsafat adalah ilmu yang membahas apapun dengan menggunakan aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi.. secara singkatnya ialah membahas tentang yang ada, mempertanyakan mengapa hal itu ada, dan manfaat apa yang dapat dihasilkan dari yang ada.

  32. Yusuf Ibrahim

    Inti dari ilmu filsafat dalam pandangan saya tersendiri adalah berpikir dalam memecahkan suatu masalah mulai dari sisi terluarnya sampai dari sisi terdalamnya atau dimulai dari penyebabnya sampai akibatnya, pemecahan masalahan ini didasari dengan rasio pikiran yg terbuka sehingga akan berujung pada kebenaran yang di sepakati, sehingga dalam filsafat ini akan sering kali timbul pertanyaan yg berkelanjutan setelah timbulnya jawaban sampai pada titik tidak adanya lagi suatu pertanyaan yang menandakan akar dari suatu permasalahn sudah terpecahkan kebenarannya, sehingga penggunaan pikiran yang bersih(objektif) yg benar benar berfokus pada pemecahan masalah.

    1. Tsania Mahmudah Millenia

      Sebuah ilmu yang memunculkan atau menciptakan ilmu baru secara rasionalis, jadi hakikatnya filsafat ada karena adanya sebuah hal yang harus difikirkan secara rasional yang kemudian dapat diterima oleh akal, ilmu filsafat tidak dapat dinafikan dalam setiap kegiatan keilmuan, seiring dengan kesadaran dalam meningkatkan mutu akademik dikalangan akademisi, membuat disiplin ilmu ini semakin dirasakan peran pentingnya

  33. Nur Arifin Hidayad

    Sependek pengetahuan saya mengenai inti dari filsafat adalah ia sebuah ilmu yang dibangun oleh orang-orang yang sangat mencintai ilmu yang disebut dengan filsuf. Asal katanya dari filo dan soft.
    Filsafat dibangun berdasarkan pemikiran yang mendasar dengan merujuk secara historis dan orisinalitas untuk menulusuri suatu kebenaran pada suatu masalah yang dibahas.
    Hal ini saya ketahui dari decart yang mengatakan kurang lebih seperti ini bahwa ia mengatakan bahwa orang yang tidak berfilsafat bagaikan orang yang hidup dengan mata tertutup.

    1. Asti aryani

      Inti filsafat Menjadikan seseorang sebagai manusia, lebih mendidik serta mampu membangun diri sendiri. Mendorong untuk dapat menjadi orang yang bisa berpikir sendiri. Memberikan dasar-dasar pengetahuan, pandangan yang sintesis sehingga seluruh pengetahuan menjadi satu kesatuan.

    2. bunga

      Inti filsafat adalah berpikir, sedangkan dasarnya adalah rasio. Kebenaran Estetis, ialah kebenaran yang berdasarkan penilaian indah dan buruk, serta cita rasa estetis.

Tinggalkan Balasan