You are currently viewing 1 Rahasia Google Translate dan Cara Kerjanya

1 Rahasia Google Translate dan Cara Kerjanya


Kemajuan teknologi apakah menggeser rejeki para penerjemah bahasa? artikel ini berupaya mengungkap latar belakang kemunculan Mesin Penerjemahan, yaitu Google Translate.

Google Translate adalah salah satu fitur dari mesin pencari Google untuk memenuhi kebutuhan Anda akan terjemahan bahasa asing. Anda dapat menggunakan Google Terjemahan untuk menerjemahkan kata dalam berbagai bahasa di seluruh dunia. Google Translate juga telah menggantikan posisi kamus tebal yang digunakan untuk menerjemahkan kata.

Sekarang orang hanya perlu menggunakan ponsel mereka, yang dapat terus menerjemahkan teks ke dalam bahasa mereka. Hanya dengan beberapa sentuhan jari tangan, Anda dapat memperoleh hasil terjemahan. Terlebih lagi, Anda tidak perlu mengetik untuk menemukan arti kata, tetapi sekarang Anda dapat mengucapkannya, hasil terjemahan ditampilkan secara otomatis.

Google Terjemahan, seperti alat terjemahan otomatis lainnya, memiliki beberapa keterbatasan. Ini membantu pembaca memahami isi umum teks bahasa asing, tetapi tidak memberikan terjemahan yang akurat. Google menerjemahkan menggunakan pendekatan yang disebut terjemahan statistik.

Terjemahan tersebut merupakan hasil penelitian Franz Josef Och, yang memenangkan Kompetisi DARPA Kecepatan Terjemahan Mesin 2003. Och saat ini bertanggung jawab atas departemen terjemahan mesin Google. Menurut Och, kumpulan teks paralel dalam dua bahasa yang terdiri lebih dari satu juta kata dan kumpulan dua atau lebih teks dalam setiap bahasa untuk mengembangkan sistem terjemahan mesin berbasis statistik untuk dua bahasa. 1 miliar kata, diperlukan. Kemudian gunakan model statistik dari data ini untuk menerjemahkan antara bahasa-bahasa ini.

Sejarah Google Translate

Jadi, menurut cerita, perkembangan Google Translate dimulai ketika Sergey Brin, salah satu pendiri Google, menerima surat dari seorang penggemar. Seperti diketahui, sebagai perusahaan teknologi, Google memiliki banyak penggemar dari berbagai belahan dunia. Namun, surat itu dalam bahasa Korea dan tidak ada yang mengerti bahasanya. Brin kemudian menerjemahkan surat itu dengan mesin penerjemah. Sepotong surat itu kemudian tertulis: “Potong sepatu ikan mentah maunya. Google daun bawang!”

Brin membaca hasil pembaca dan mengedipkan mata. Mulai saat ini, lahirlah inspirasi untuk membuat terjemahan mesin yang andal, dan akhirnya lahirlah Google Terjemahan. Dengan keterampilan yang belum sempurna, Google Translate telah sangat berhasil mengisi ceruk layanan penerjemahan di dunia Internet. Setelah 11 tahun berkarya, Google Translate juga sudah langsung terintegrasi dengan produk terbaru Google yang bernama Google Pixel Buds.

Manfaat tersembunyi dari Google Translate

Perekaman Suara
Saat ini, Google Translate hadir dengan fungsi perekaman suara. Jadi yang harus Anda lakukan adalah mengucapkan kata yang ingin Anda terjemahkan, mesin akan menganalisisnya dan memberi Anda arti dalam bahasa pilihan Anda.

Terjemahkan dengan foto
Anda juga dapat menerjemahkan kata dengan Google Translate hanya dengan mengambil gambar. Misalnya, jika Anda sedang membaca majalah bahasa Inggris, ambil saja gambar halaman atau kalimat yang ingin Anda terjemahkan.

Terjemahkan kalimat secara otomatis dengan satu ketukan!
Untuk sementara, saya menemukan Google Terjemahan lebih mudah digunakan. Anda tidak perlu memindahkan kalimat yang ingin Anda terjemahkan ke aplikasi Google Translate dan sebaliknya. Cukup sorot teks yang ingin Anda terjemahkan dan jendela pop-up akan otomatis muncul untuk Anda masukkan terjemahan Anda.

Anda juga dapat menggunakan Google Terjemahan untuk mengobrol dengan orang asing.
Fitur ini memungkinkan Anda untuk berbicara dengan orang asing yang Anda temui. Cukup masukkan frasa yang diperlukan ke dalam aplikasi Anda dan Google Terjemahan akan secara otomatis menerjemahkannya ke dalam bahasa yang sesuai. Namun, asal bahasa yang digunakan termasuk dalam 32 bahasa yang didukung oleh Google Translate.

Cara kerja Google Translate

Google Translate bekerja dengan terlebih dahulu menerjemahkan teks ke dalam bahasa Inggris sebelum menerjemahkan teks ke dalam bahasa target. Bahasa referensi yang digunakan dalam Google Translate adalah kosakata yang digunakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Uni Eropa (UE). Uniknya, Google tidak mempekerjakan profesional untuk mengembangkan tata bahasa yang baik. Maka tak heran jika banyak pengguna yang mengeluhkan ketidakmampuan Google Translate menerjemahkan banyak kata menjadi satu kalimat.

Namun, pada November 2016, Google mengumumkan transisi sistem terjemahan dari sistem lama ke sistem baru. Sistem mencoba untuk membandingkan semua terjemahan dari sumber bahasa yang lebih luas. Sistem berusaha untuk memastikan terjemahan yang berhasil yang dapat memberikan konteks yang lengkap, daripada menafsirkan kata demi kata.

Selain itu, Google juga melakukan pemetaan terjemahan. Misalnya, terjemahan antara Bahasa Inggris-Indonesia dan Bahasa Indonesia-Inggris. Pemetaan yang dilakukan oleh Google memungkinkan Anda untuk menyimpulkan dan memetakan hubungan antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dan untuk melakukan terjemahan dua arah antara kedua bahasa tersebut.

Daftar Pustaka

Franz Josef Och, Google’s translation uber-scientist, talks about Google Translate, David Sarno, Los Angeles Times, March 11, 2010


Fachri Helmanto

Dosen Universitas Djuanda | Sutradara dan Penulis Naskah Teater

Tinggalkan Balasan